Common Rail Manifold

Commonrail Manifold

Common rail manifold merupakan tempat kedudukan dari beberapa komponen penting di dalam CRI fuel system. Selain ini di commonrail manifold juga akan dikumpulkan fuel dengan tekanan tinggi untuk selanjutnya dikirim menuju ke masing-masing injector melalui flow damper.

Berikut adalah daftar parts yang terpasang di commonrail manifold :

Piping output supplay pump bertugas untuk mengirimkan fuel dengan tekanan tinggi dari supplay pump menuju ke common rail manifold. Pastikan anda melakukan penggantian rubber clamp di kedua piping ini secara berkala, karena bila hal ini tidak dilakukan, maka akan menyebabkan kerusakan piping yang lebih cepat. Yang lebih bahaya adalah apabila piping high pressure ini bocor pada saat unit beroperasi dan semburan fuelnya sampai ke exhaust manifold atau turbocharger. Kira-kira apa bahayanya ya? Silahkan bisa ditulis di kolom komentar bagi yang ada bayangan efek yang akan terjadi.

Flow Damper bertugas untuk mengirimkan fuel bertekanan tinggi dari commonrail manifold menuju ke injector. Fuel yang dikirimkan di damping atau diredam agar bisa stabil. Selain itu flow damper juga bertugas untuk mengurangi efek kebocoran yang akan terjadi di setelah output flow damper bila terjadi kebocoran. Contohnya pada saat terjadi kebocoran di piping output flow damper.

Pressure limiter bertugas untuk membatasi maksimum pressure di dalam fuel system. Details penjelasannya bisa disimak di video ini :

RPS atau Rail Pressure sensor merupakan parts yang bertugas untuk membaca actual pressure di dalam fuel system. Bila RPS mengalami kerusakan maka engine akan muncul error CA559 (Rail Pressure To Low), selain itu bila RPS sudah menunjukkan pressure yang tinggi pada saat kunci kontak ON maka engine tidak akan bisa running.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tulungagung, 12 April 2022.

Baca Juga :



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama