Komatsu PC300-8

Komatsu PC300-8 merupakan Komatsu Crawler Excavator yang dibuat oleh Pabrikan Komatsu pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh Excavator dengan ukuran besar seperti PC1250, PC2000 maupun PC3000.

PC300-8 ini memiliki kembaran Adik kandung yang bernama PC200-8. Keduanya memiliki karakteristik dan performance yang hampir sama. Excavator ini mengandalkan kelincahan dan kecepatan dalam melakukan operasionalnya.

Unit ini menggunakan sistem hidrolik CLSS yang merupakan kependekan dari Close Center Load Sesnsing System. Dengan menggunakan hidrolik sistem CLSS ini maka response yang diberikan akan lebih lincah.

Sering digunakan dalam proses land clearing, cleaning batubara dan pekerjaan general lainnya. Excavator PC300-8 ini sangat di andalkan oleh perusahaan tambang, pekerjaan umum hingga kelapa sawit.

Arti dari kode PC300-8 adalah :

P artinya Kode Komatsu untuk unit Excavator

C artinya Crawler atau unit ini menggunakan Track untuk proses berjalan atau traveling selama berpindah posisi. Bila nanti kode keduanya adalah W (Contoh PW) maka artinya unit ini merupakan excavator Komatsu yang mungganakan roda karet atau wheel.

300 menunjukkan operating weight atau berat unit yaitu 300 x 0,1 = 30 Ton

-8 artinya unit ini merupakan modifikasi ke 7, karena di jepang tidak menyukai angka 4, jadi setelah -3 langsung lompat ke -5. (Kecuali 1 kali Komatsu pernah khilaf yaitu GD705A-4).

PC300-8 ini menggunakan Engine atau mesin dengan type SAA6D114E-3 yang juga dipasang pada Komatsu Motor Grader GD705A-5. Arti dari kode engine ini adalah :

S artinya supercharger atau unit ini menggunakan turbocharger untuk meningkatkan jumlah udara yang dihisap dan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga harapannya pembakaran dari mesin ini menjadi lebih sempurna dan ramah lingkungan karena emisi gas buangnya bisa dikurangi. Turbocharger pada mesin ini ditambahkan 1 mekanisme khusus yang bernama waste gate yang bertugas untuk mengatur jumlah udara yang masuk berdasarkan sensing dari intake system. Sehigga kecepatan putaran turbocharger bisa variable atau di setting agar sesuai dengan kebutuhan engine.

AA artinya Air To Air Aftercooler yaitu perangkat yang bertugas untuk mendinginkan udara yang akan masuk ke ruang bakar dengan menggunakan media udara. Atau kesimpulannya udara didinginkan dengan udara. Karena pendinginannya menggunakan udara maka temperatur udara yang masuk ke ruang bakar bisa dijaga agar tidak melebihi 50 derajat celcius. Karena udaranya dingin, maka berat per satuan volume nya bisa meningkat. Jadi kalau udaranya semakin banyak maka bisa dicapai air excess ratio di angkat 1,5-2x dari target pembakaran sempurna 1 : 14,5.

6 artinya jumlah piston dan cylinder linernya ada 6

D artinya diesel direct yaitu enginenya berbentuk lurus. Lawanya nanti ada engine type V.

114 artinya diameter cylinder liner adalah 114 mm.

E artinya low emmision atau ramah lingkungan.

-3 artinya modifikasi ke 3.

Terminal Bungurasih, 1 April 2022

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama