Pressure Limiter (CRI Engine) HD785-7

PRESSURE LIMITER

Pressure limiter merupakan parts yang terpasang pada komponen fuel system dan bertugas untuk membatasi maksimum pressure di dalam fuel system.

Pada unit HD785-7 terpasang 2 pcs pressure limiter yang di mounting pada common rail manifold RH & LH engine.

Pressure limiter pada unit HD785-7 akan membatasi fuel pressure maksimal di angka 1.430 kg/cm2.

Pada saat pressure limiter bekerja atau membuka di angka 1.430 kg/cm2, maka setelahnya tekanan fuel di dalam fuel system akan di drop khan menjadi 310 kg/cm2. Hal ini akan tetap bertahan sampai dilakukan proses reset dengan cara mematikan engine sehingga fuel supplay pump tidak lagi mengalirkan fuel ke pressure limiter.

Fuel dari common rail manifold akan masuk ke dalam orifice dan ingin menekan check ball melawan guide yang berwarna hijau dan kekuatan spring.

Pada saat fuel pressure melebihi 1.430 kg/cm2, maka check ball akan mampu ditekan ke arah kanan dan mendorong guide serta spring ke kanan. Sehingga fuel akan mampu mengalir melewati check ball dan mendorong penampang guide yang lebih luas ke arah kanan melawan kekuatan spring.

Karena pressure sudah mendorong menuju ke penampang di guide, maka luas penampang yang lebih besar menyebabkan pressure yang dibutuhkan untuk melawan kekuatan spring hanya perlu 310 kg/cm2. Efeknya engine controller akan merespon dengan cara mengeluarkan error CA/CB559.

Plat berwarna orange di bagian depan merupakan parts yang bernama picco ring. Parts ini bertugas untuk menyekat agar fuel tidak mengalami kebocoran ke sisi samping pressure limiter.

Sehingga aliran fuel bisa di fokusan arahnya menuju ke jalur orifice yang ada di bagian depan pressure limiter.

Apabila picco ring mengalami kerusakan, maka fuel akan mengalir dan bocor keluar tanpa melalui check ball seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini. Sehingga efek yang terjadi sama dengan kondisi pada saat pressure limiter mengalami kenaikan pressure sebesar 1.430 kg/cm2.

Gambar di atas menunjukkan kondisi fisik dari guide yang terpasang di dalam pressure limiter.

Gambar di atas menunjukkan posisi dari Pressure Limiter pada unit HD785-7. Sesuai intruksi yang terpasang pada engine, maka kita dilarang membuka piping fuel system pada saat engine baru saja dimatikan.

Tunggu minimal 30 detik untuk memastikan fuel pressure sudah release. Sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa lebih aman.

Gambar di atas menunjukkan tampilan fisik pressure limiter dari berbagai posisi.

Parts number pressure limiter sesuai gambar di atas ditunjukkan oleh nomer 3 (nd095400-0310), sedangkan untuk picco ring ditunjukkan oleh nomer 5 (ND095444-0020).

METHODE PEMERIKSAAN SPILL RATE PRESSURE LIMITER

Pengechekan spill rate atau kebocoran pressure limiter bisa dilakukan dengan cara melepas piping return pressure limiter dan di sambungkan ke gelas ukur.

Kemudian running engine di speed 1.600 Rpm, dan lakukan pemeriksaan spillrate menggunakan gelas ukur.

Maksimum kebocoran yang di izinkan adalah 10 cc/menit.

Video terkait penjelasan cara kerja pressure limiter bisa disaksikan pada video di bawah ini :



Versi Adobe pdf bisa anda baca langsung di bawah ini.

Semoga Bermanfaat
Muara Teweh, 9 Mei 2022

2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama