Sistim Subcool Condenser

Sistim Subcool Condenser
Jika refrigerant yang keluar dari condensor didinginkan kembali (subcool) maka efisiensi pendinginannya meningkat. Condensor model konvensional memiliki masalah dengan pemasangan yang lebih sulit, ukurannya besar, volume refrigerant banyak dan berat. Dengan menggunakan sub cool condensor, multiflow condensor dan modulator (pemisah gas cair) maka efisiensi pendinginan meningkat, lebih ringan dan volume refrigerant lebih sedikit, pemasangan lebih mudah dibanding konvensional dengan receiver. Oleh karena itu tipe sub cool lebih banyak digunakan.
Konstruksi dan Cara Kerja
Pada sirkulasi dengan receiver (condenser & receiver), campuran antara gas dan cairan refrigerant yang diembunkan dalam condensor dipisahkan di dalam receiver dan hanya cairan yang mengalir ke evaporator. Pada sub cool condensor terbagi menjadi dua yaitu condensing (pengembun) dan sub cool (pendingin) dengan pemisah gas dan cairan (modulator). Saat gas dan cairan terpisah, cairan refrigerant didinginkan kembali sehingga meningkatkan daya pendinginan.
Fungsi Pemisah Gas dan Cairan Refrigerant (Modulator)
Pemisah gas dan cairan refrigerant mempunyai fungsi kerja yang sama dengan receiver konvensional. Perbedaan mendasar adalah refrigerant keluar dari bagian bawah. Seperti pada receiver konvensional, gas dan cairan terpisah secara efisien dan hanya cairan yang masuk ke sub cool . 
Pemisahan gas dan cairan sbb :
1) Gas mengambang dan berada di bagian atas separator dan didinginkan dengan udara luar sehingga mengembun, dan jumlah cairan dipertahankan pada level tertentu.
(2) Jika jumlah gas bertambah maka keseimbangan cairan dan gas berubah akibatnya cairan tertekan dan mengalir ke sirkulasi selanjutnya.
(3) Saat aliran gas yang masuk ke separator kembali normal/sedikit maka gas dalam separator didinginkan dan mengembun sehingga level cairan bertambah. Kelebihan kebutuhan cairan refrigerant tersimpan dalam modulator.

Pengisian Refrigerant pada Sirkulasi yang menggunakan Sub Cool Condenser Pada sirkulasi dengan receiver, titik dimana gelembung menghilang adalah titik awal daerah pengisian penuh, tetapi pada sirkulasi yang menggunakan sub cool condenser titik dimana gelembung menghilang terjadi sebelum daerah pengisian penuh, sehingga perlu ditambahkan 50 -100 gram lagi untuk mencapai pengisian sempurna dan
penuh.
Pendinginan Condensor dan Posisi Pemasangan
Condensor berada di depan radiator umumnya dipasang di bodi kendaraan dengan dudukan karet. Fan pendingin condenser (extra fan) sama dengan fan pendingin radiator, tetapi pada beberapa model dipasang fan pendingin condenser tersendiri. Kecepatan fan condensor dapat diatur menjadi dua atau tiga tingkat berdasarkan tekanan refrigerant dalam sistim atau suhu air pendingin mesin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama