PCV Engine Fuel Supplay Pump CRI

 PCV Engine Fuel Supplay Pump CRI


PCV pada gambar di atas ditunjukkan dengan kode nomer 9A. Pada fuel system CRI, maka PCV terpasang pada bagian atas fuel supplay pump. Yang dekat dekan shaft supplay pump merupakan PCV1 dan yang satunya berarti PCV2.

Bisa disimak video di bawah ini untuk lebih jelasnya :

PCV akan mendapatkan instruksi dari engine controller untuk proses ON dan OFF yang dilakukan. Pastikan pada saat anda melakukan pemasangan connector electric PCV tidak tertukar antara PCV1 dan PCV2, karena bila hal ini terjadi akan menyebabkan unit tidak bisa running karena kesalahan instruksi dan eksekusi yang dilakukan oleh PCV tersebut.

Dibagian bawah PCV terpasang plungger yang akan ditekan oleh tappet yang terhubung dengan cam supplay pump. PCV Close timing bisa anda lakukan monitoring proses kerjanya melakukan display panel dengan satuan CA (Crankshaft Angle).

Pada saat anda memasang plunger, pastikan posisinya sudah benar masuk ke dalam celah seat spring. Karena bila plunger hanya menempel di bagian atas seat spring, maka supplay pump akan mengalami kerusakan yang sangat parah selama unit beroperasi.

Cara kerja PCV dapat dilihat secara singkat melaui gambar di bawah ini :

PC Valve terpasang pada fuel supplay pump, dan pada setiap supplay pump terdapat 2 PCV yaitu PCV 1 yang dekat dengan shaft dan PCV yang berada di bagian belakang
A : PCV Solenoid valve OFF sehingga tidak terjadi kemagnetan, pada saat ini plunger bergerak ke bawah sehingga membuka ruangan/ chamber dan fuel akan mengalir untuk
mengisi chamber yang ditinggalkan oleh plunger tsb.
B : PCV solenoid masih tetap OFF pada saat plunger bergerak melakukan aksi compression fuel ke atas, sehingga fuel kembali ke sisi inlet dan akan dikirim ke tangki setelah
mengalahkan overflow valve dengan standart pressure 1,5 - 3 kg/cm2.
C : Pada saat plunger tetap bergerak ke atas, PCV solenoid ON, sehingga jalur fuel ke tangki akan tertutup. Hal ini mengakibatkan kenaikan pressure dan selanjutnya fuel
akan menekan delivery valve untuk mengalirkan fuel menuju ke common rail manifold.


PCV 1 akan mensupplay dropping pressure dari cylinder 1,2,3
PCV 2 akan mensupplay dropping pressure dari cylinder 4,5,6
Standart resistance PCV solenoid adalah 2,3 - 5,3 ohm.

PCV nantinya akan bekerja berdasarkan instruksi dari ECM. ECM akan mendapatkan informasi dari G sensor dan NE sensor untuk mengaktifkan (ON) atau menonaktifkan PCV solenoid (OFF).

Terima kasih dan semoga bermanfaat,

Tulungagung, 12 April 2022.

Baca Juga :

Post a Comment

أحدث أقدم