Komatsu Excavator PC300-8 menggunakan engine dengan type SAA6D114E-3.
Engine ini merupakan engine 4 langkah yang terdiri dari langkah isap, kompresi, usaha dan buang.
Jumlah cylinder liner dan piston pada engine ini ada 6, dimana diameter cylinder linernya adalah 114 mm dengan panjang langkah dari TMA ke TMB sebesar 135 mm. Ini artinya engine ini memiliki type Long stroke engine yang berorientasi pada power torque.
Total piston displacement pada engine ini adalah 8.270 cc. Dengan standart urutan pembakaran atau firing order 1-5-3-6-2-4. Dengan Firing Order seperti ini maka power engine akan menjadi lebih merata.
Dilihat dari dimensi, maka panjang engine ini adalah 1.625 mm, lebar 1.004 mm dan tinggi 1.601 mm. Berat dari engine ini adalah 865 kg jika sendirian dan 1.148 kg jika diangkat bersamaan dengan spring damper dan pompa hidrolik.
Spring damper merupakan peredam yang dipasang di bagiab belakang engine, menempel pada flywheel dan menghubungkan engine dengan pompa hodrolik.
Flywheel Horsepower dari engine ini adalah 260 Hp/1.960 Rpm. Dengan torque maximum pada saat test bench 115 kgm/1.450 Rpm.
Standart low idle di angka 975-1025 Rpm dan start High Idle di angka 2000-2100 Rpm. Karena pada engine PC300-8 terpasang NE speed sensor, maka temen-temen bisa melakukan pengechekan RPM atau putaran mesin di layar monitor dengan mudah.
Minimum fuel consuption di engine ini adalah 165 g/HpH. Fuel system engine ini menggunakan type High Pressure Common Rail Injection atau sering disingkat dengan HPCRI. Fuel system ini menggunakan ECM atau engine controller untuk mengatur konsumsi bahan bakar secara electric sesuai beban operasional unit.
Kapasitas oli pada saat kosong adalah 40 liter dan pada saat refill atau penggantian sebanyak 35 liter. Karena oli masih ada beberapa yang terjebak di piping connection oli engine.
Kapasitas coolant di engine ini adalah 10,5 liter. Namun untuk PC300-8 maka total keseluruhan cairan pendingin atau coolant yang di isikan adalah 42 liter yang nantinya akan di dinginkan pada radiator. Coolant yang digunakan bernama AFNAC yang merupakan kependekan dariI Anti Freeze Non Amine Coolant.
Bus Harapan Jaya saat melewati kediri, 1 April 2022.
Posting Komentar